Resep Gulai Ikan Mas Medan: Cara Membuatnya Yang Praktis Dan Lezat

RESEP GULAI IKAN KERAPU RESEP7 Resep ikan, Resep masakan, Resep
RESEP GULAI IKAN KERAPU RESEP7 Resep ikan, Resep masakan, Resep from www.pinterest.com

Gulai ikan mas Medan adalah salah satu makanan khas yang dianggap sebagai makanan tradisional di Medan. Gulai ikan mas ini dibuat dari bumbu-bumbu pedas dan kuah gurih, membuatnya menjadi makanan yang nikmat dan nyaman. Di sini kita akan membahas cara membuat gulai ikan mas Medan yang praktis dan lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat gulai ikan mas Medan, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: 500 gram ikan mas, 1 buah cabe merah, 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 3 buah tomat, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 5 buah cengkeh, 1/2 sendok teh merica, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh gula, dan 1 liter air.

Cara Membuat Gulai Ikan Mas Medan

1. Bersihkan ikan mas dengan air bersih dan buang kepalanya. Sisihkan ikan mas tersebut.

2. Haluskan bumbu yang dibutuhkan, yaitu cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Sisihkan bumbu yang sudah dihaluskan.

3. Panaskan 1 liter air hingga mendidih. Masukkan ikan mas ke dalam air yang sudah mendidih. Biarkan ikan mas direbus hingga empuk. Jika ikan sudah empuk, angkat dan sisihkan.

4. Panaskan minyak ke dalam panci, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan daun salam dan daun jeruk ke dalam panci, lalu aduk hingga rata.

5. Masukkan ikan mas yang sudah direbus ke dalam panci, lalu aduk hingga rata. Tambahkan air secukupnya dan biarkan airnya mendidih.

6. Setelah airnya mendidih, masukkan garam, gula, dan merica ke dalam panci. Aduk hingga rata.

7. Setelah merica dan garam tercampur dengan rata, masukkan cengkeh ke dalam panci. Aduk hingga rata.

8. Biarkan kuah gulai ikan mas Medan tersebut mendidih hingga kuahnya mengental. Angkat dan sajikan gulai ikan mas Medan tersebut.

Kesimpulan

Itulah cara membuat gulai ikan mas Medan yang praktis dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat gulai ikan mas yang nikmat dan lezat di rumah. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Amfibi – Pemahaman Amfibi, Ciri-Ciri Serta Jenis Amfibi

Cara Sukses Beternak Burung Parkit Bagi Pemula Dengan Mudah

22 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan