Perbedaan Kera Dan Kera Itu Apa Sih ?

7 Perbedaan Kera Dan Monyet Yang Perlu Diketahui


Hai Sahabat………..


Pernahkah Kalian bertanya-tanya bantu-membantu simpanse dan monyet itu sama atau tidak? Kalau dilihat secara sepintas memang kera dan monyet tampaksama, mungkin kalian menilai bahwa monyet dan kera itu sama. Memang, Kera dan Monyet sama- sama hewan menyusui atau mammalia yang masuk dalam ordo Primata. , Tapi taukah kalian bahu-membahu kera dan kera mempunyai beberapa perbedaan. Berikut yaitu perbedaan yang harus kamu pahami supaya tidak salah dalam menyebut keduanya.


Monyet


Monyet dalam ordo primata masuk dalam superfamili Cercopithecidae. Monyet mempunyai ukuran ekor yang cukup panjang, memiliki kaki yang berskala lebih panjang dari lengannya. Tapi, monyet bahagia berjalan dengan menggunakan kedua kaki dan lengannya tersebut (merangkak). Monyet jarang tampakbergelantungan pada pepohonan walaupun simpanse menyukai tempat tinggal di atas pepohonan. Selain itu simpanse memiliki volume atau ukuran otak yang lebih kecil ketimbang simpanse. Contoh kera antara lain : bekantan, kera ekor panjang, lutung, beruk, surili dan lainnya.


monyet


Kera


Kera dalam ordo primata masuk dalam superfamili Hominoidea. Tidak mirip simpanse kera tidak memiliki ekor, kera juga memiliki lengan yang cukup panjang dan sering menggunakan lengan tersebut untuk bergelantungan pada pohon.

Kera mempunyai volume otak yang lebih besar dibanding monyet dan monyet juga bisa menggunakan alat bantu-bantu untuk mendapatkan makanannya. Kera hidup secara terestrial dan semiterestrial. Contoh kera : Gorilla, orangutan, siamang, owa, dan lainnya.


kera


Perbedaan


  • Dalam ordo primata, kera masuk dalam superfamili Hominoidea sedangkan kera masuk dalam superfamili Cercopithecidae

  • Monyet memiliki ekor yang panjang sedangkan monyet tidak mempunyai ekor

  • Monyet memiliki lengan yang nyaris sama bahkan lebih pendek dibandingkan kakinya Sedangkan kera mempunyai lengan yang lebih panjang dibanding kakinya.

  • Lengan pada monyet jarang digunakan untuk bergelantungana pada cabang atau ranting pohon Sedangkan pada monyet sering menggunakannya untuk bergelantungan pada pohon

  • Monyet berlangsung menggunakan lengan dan kakinya Sedangkan monyet bisa berjalan dengan memakai 2 kaki.

  • Ukuran atau volume otak kera lebih kecil dibandingkan dengan kera

  • Habitat Monyet bersifat tinggal dipohon (arbotrial) Sedangkan monyet bersifat terestrial dan semiterestrial.



Demikian postingan pembahasan tentang”Perbedaan Kera Dan Monyet Itu Apa Sih ?“, agar berfaedah dan jangan lupa ikuti artikel kami selanjutnya. Sampai jumpa



Comments

Popular posts from this blog

Amfibi – Pemahaman Amfibi, Ciri-Ciri Serta Jenis Amfibi

Cara Sukses Beternak Burung Parkit Bagi Pemula Dengan Mudah

22 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan